welcome


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 10 Oktober 2009

Teori Organisasi Umum

sebelum kita belajar Teori Organisasi Umum, kita harus tahu apa pengertian dari organisasi.
Organisasi adalah suatu tempat atau wadah yang menampung sekelompok atau sekumpulan manusia yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

unsur unsur organisasi:
1. manusia
2. kerjasama
3. tujuan Bersama
4. peralatan
5. lingkungan
6. kekayaan alam/SDA

Teori Organisasi dibagi menjadi 3, yaitu ;
  • Teori Organisasi Klasik
  • Teori Organisasi NeoKlasik
  • Teori Organisasi Modern
  1. Dalam perkembangannya, Teori Organisasi Klasik dikembangkan lagi menjadi 3 aliran, yaitu;
  • Birokrasi ( Max Wiber)
  • Administrasi ( Henry Fayol & lyndall lirwick dari Eropa dan Mooney & Reiley dari Amerika)
  • Manajemen Ilmiah ( Frederick Winslow Taylor pada Tahun 1900)
2. Teori Organisasi Neo Klasik
Teori ini lebih menekankan pada kepentingan aspek psikologis dan aspek sosial baik berupa individu atau kelompok.

3. Teori Organisasi Modern
Teori ini lebih mmenekankan semua unsur oragnisasi sebagai stu kesatuan dan saling memiliki ketergantungan.

Pengertian Manajemen
manajemen adalah suatu proses kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan kerjasama antar kelompok manusia yang terdiri atas palnning, organizing, controlling and directing.

Tingkatan Manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu;
  • Top Manajemen (manajemen tingkat atas)
  • Middle Manajemen(manajemen tingkat menengah)
  • lower Manajemen(manajemen tingkat bawah)

Tidak ada komentar: